Syalom!

Blog ini berupaya menyajikan jurnal studi Filsafat dan Teologi
para mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana - Malang.
Tulisan-tulisan yang dimuat di sini adalah pendapat penulis sendiri, bukan cerminan pendapat pengelola blog. Tulisan-tulisan ini adalah hasil perenungan dan kerja keras para mahasiswa, dan tidak mengandaikan isinya adalah ajaran resmi Gereja Katolik.

Thursday, January 8, 2009

Sabtu Sesudah Penampakan

Bacaan Misa:
1Yoh 5:14-21
Mzm 149:1-2.3-4.5.6a.9b
Yoh 3:22-30


Mendoakan orang berdosa.


Semua umat Kristus pasti tahu perintah cinta kasih. Bacaan Pertama mulai dari hari Senin sampai dengan Sabtu di Pekan Sesudah Penampakan Tuhan mengajak kita untuk merenungkan cinta kasih Allah. Sebagai akhir dari seluruh rangkaian masa Natal, hari ini kita diajak untuk masuk sampai ke dasar. Allah begitu mencintai manusia yang berdosa dan mau menjadi manusia lemah dengan lahir dalam kandang di Betlehem, itulah sukacita besar bagi manusia. Maka seperti Yohanes Pembaptis mengatakan: "Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh," sebab Kristus menjadi semakin besar.

Biasanya kita berdoa untuk orang-orang yang kita kenal, yang baik kepada kita. Sekarang kita pun diajak untuk semakin memuliakan Kristus dengan mencintai sesama, bukan lagi sesama yang anonim. Tetapi kita diajak untuk masuk lebih jauh: mendoakan orang berdosa! agar merekapun diselamatkan dan dijauhkan dari maut. Dengan demikian, Kristus akan menjadi semakin besar, dan kemuliaannya semakin tersebar ke mana-mana.

No comments:

Post a Comment